PERSINAS ASAD

Pesilat Muda ASAD Raih 10 Medali Dalam O2SN 2024 Tingkat Nasional

Pesilat Muda PERSINAS ASAD berhasil mendulang prestasi dalam kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2024 Tingkat Nasional jenjang SD dan SMP. Pada kejuaraan yang digelar pada 19-23 Agustus 2024 di Jakarta ini, total 10 medali berhasil diraih oleh pesilat PERSINAS ASAD dengan rincian 3 medali emas, 2 medali perak, dan 5 medali perunggu

O2SN 2024 tingkat Nasional mempertandingkan 2 kategori, yakni Seni Tunggal dan Solo Kreatif. Adapun pesilat PERSINAS ASAD yang bertanding dalam kejuaraan ini berasal dari 4 Provinsi, yakni Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Dalam kategori Seni Tunggal, pesilat PERSINAS ASAD berhasil meraih total 4 medali, dengan rincian 1 medali emas jenjang SD putri (Provinsi Jawa Tengah), 1 medali perak jenjang SMP putra (Provinsi Jawa Timur), dan 2 medali perunggu untuk jenjang SMP putra (Provinsi Jawa Tengah) dan SD putra (Provinsi Sulawesi Selatan).

Adapun untuk kategori Solo Kreatif, pesilat PERSINAS ASAD juga meraih total 4 medali, dengan rincian 1 medali perak untuk jenjang SD putri (Provinsi Jawa Tengah), dan 3 medali perunggu, masing-masing untuk jenjang SD putri (Provinsi Papua), SD putra, dan SMP putra.

Pesilat putri dari Provinsi Jawa Tengah yang meraih medali emas dan medali perak, Berlian Balqis Azizah, menuturkan bahwa ia mengorbankan waktu bermainnya demi meraih prestasi. “Saya latihan pagi sore-pagi sore,” ujar Berlian selepas pertandingan pada Kamis (22/8/2024). Siswi kelas 6 SDIT Bina Insan Thoyibah Surakarta ini pun mengungkapkan kesyukurannya, karena pihak sekolah sangat mendukung upayanya dalam meraih prestasi di bidang pencak silat. Bahkan, ia kerap mendapat izin untuk latihan, khususnya menjelang kejuaraan.

Dukungan dari SDIT Bina InsanThoyibah juga dirasakan oleh pelatih PERSINAS ASAD Provinsi Jawa Tengah, Yoga Yudha Perwira. “Alhamdulillah sekolah sangat mendukung. Pesilat memperoleh dispensasi dari sekolah, bahkan saat latihan mendapatkan tambahan gizi dari sekolah,” ungkapnya. Selain itu, Yoga menyampaikan bahwa Pengurus Kota (Pengkot) PERSINAS ASAD Surakarta sangat mendukung prestasi pesilat. “Pengkot selalu mengecek kelancaran latihan pesilat. Bahkan, pengkot juga memberikan bantuan akomodasi untuk mengikuti kejuaraan O2SN Tingkat Nasional ini,” jelasnya.

Ketua Departemen Pembinaan Prestasi PB PERSINAS ASAD, H. Sutiyono mengapresiasi prestasi para pesilat muda PERSINAS ASAD, yang telah dirintis secara berjenjang sejak tingkat kecamatan, kota, dan provinsi. Ia pun menyatakan bahwa PB PERSINAS ASAD akan meningkatkan pembinaan prestasi pesilat. “Ini merupakan jenjang dasar (SD dan SMP), sehingga (bila pembinaan prrstasi berjalan lancar) insyaAllah jenjang berikutnya (SMA/SMK) akan berkembang pesat”, ujarnya.

Tak lupa, Ia pun berpesan agar para pesilat tetap mengedepankan ilmu agama. Tentu, hal tersebut juga perlu didukung oleh para pelatih. “Para pelatih supaya berkoordinasi, membagi waktu dengan para mubaligh-mubalighot, sehingga ngajinya tidak klenderan,” pesannya.

Tinggalkan Balasan