Kota-KabPERSINAS ASADWarta

Persinas ASAD Kutim Gapai Juara Umum dalam Kejuaraan Pencak Silat Dispora Kutim Cup 2024

Sangatta (18/7). Perguruan Silat Nasional (Persinas) ASAD Kutai Timur (Kutim) berhasil meraih juara umum pertama, dalam Kejuaraan Pencak Silat Dispora Kutim Cup 2024. Acara digelar di GOR Serbaguna Kudungga Sangatta pada 12-14 Juli 2024.

Ketua Dewan Pembina Persinas ASAD Kutim, KH Muflikun Assiddiq, menghadiri pertandingan tersebut untuk memberikan dukungan. Ia juga memimpin doa bersama di sela-sela pertandingan untuk membakar semangat para pesilat.

“Persinas ASAD Kutim meraih juara umum pertama dengan perolehan 18 emas, empat perak, dan enam perunggu. Posisi kedua diraih oleh PSHT dengan 16 emas, 10 perak, dan 11 perunggu, sementara juara umum 3 diraih oleh Tapak Suci dengan sembilan emas, 18 perak, dan 17 perunggu,” ujarnya.

Kepala Pelatih Persinas ASAD Kutim, HM Haruna, menyatakan kebanggaannya terhadap pencapaian para atlet. Para atlet silat Persinas ASAD Kutim telah memberikan usaha terbaiknya.

“Alhamdulillah, hari ini Persinas ASAD Kutim bisa mendapat juara umum pertama, dan salah satu atlet kami, Muhammad Labib Manshurin, dinobatkan sebagai pesilat terbaik pada jenjang remaja. Ini menjadi kebanggaan kami,” ujarnya.

Ia juga menyatakan, Pemkab Kutim akan selalu mendukung cabang-cabang olahraga di Kutim agar para atlet bisa meraih prestasi. “Semoga ke depannya atlet-atlet pencak silat Indonesia akan lahir dari Kutim. Terima kasih kepada IPSI dan KONI sebagai mitra kami dalam membina olahraga di Kutim ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kutim, Faizal Rachman, memberikan apresiasi kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutim atas dukungan terhadap cabang olahraga pencak silat melalui kegiatan tersebut. Ia berharap ajang ini bisa menjadi kesempatan para pesilat di Kutim untuk menunjukkan kemampuan mereka. “IPSI Kutim berkomitmen terus mencetak dan melahirkan atlet-atlet pencak silat asli dari Kutai Timur,” katanya.

Ia mengungkapkan, komitmennya untuk terus membina para atlet. “KONI akan terus berupaya agar Kutai Timur bisa menjadi barometer olahraga di tingkat provinsi. Bagi yang juara, agar terus berlatih, dan yang belum juga tetap harus berlatih. Mungkin kesempatan lain bisa meraih juara,” ujarnya.

Kejuaraan Pencak Silat Dispora Kutim Cup 2024 mempertandingkan 42 kelas tanding dan delapan kelas seni, yang diikuti 256 pesilat dari sembilan perguruan silat di bawah naungan IPSI. Kegiatan ini mencakup tiga kategori usia; usia dini II (8-11 tahun), pra remaja (11-14 tahun), dan remaja (14-17 tahun), dengan berbagai kelas tanding dan seni. (FWI/Lines Kutim)

Tinggalkan Balasan