PERSINAS ASAD

ASAD Meriahkan Pentas Seni Gemilang Budaya Jawara Cikupa

Tangerang (10/9). Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kecamatan Cikupa telah menggelar “Seni Gemilang Budaya Jawara Cikupa” di lapangan Kelurahan Bunder, Cikupa, Kab. Tangerang, Banten, pada Sabtu (31/8). Acara itu dihadiri sekitar 300 peserta dari perwakilan berbagai perguruan silat.

Acara itu dimeriahkan oleh penampilan dari berbagai perguruan silat se-Kecamatan Cikupa, termasuk PERSINAS ASAD, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Madiun, Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW), Tapak Suci, Garuda Jisai, dan Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH). Setiap perguruan menampilkan seni pencak silat dan atraksi budaya khas masing-masing, yang mengundang decak kagum para hadirin.

PERSINAS ASAD, yang diwakili oleh Ketua Kecamatan Cikupa, Eko Yulianto, beserta para pelatihnya, Sodikin, Riskon Ubadilah, dan Sholeh, turut berpartisipasi aktif dalam acara ini. Pelatih Sodikin mengatakan, pentingnya kegiatan budaya seperti ini sebagai wadah untuk melestarikan dan mengembangkan seni pencak silat di kalangan generasi muda.

“Saya berharap kegiatan seperti ini terus digelar secara rutin, karena melalui pentas seni dan budaya, kita dapat membina sekaligus memperkuat karakter generasi penerus dalam menjaga warisan leluhur kita,” ujar Sodikin.

Lebih lanjut, Sodikin juga berbicara mengenai prestasi anak didiknya yang telah berhasil mengharumkan nama PERSINAS ASAD di berbagai kompetisi. Di antara mereka adalah Lutfia Bintang Zahira, yang meraih Juara 2 OSN Kabupaten 2024, dan Putra, yang menjadi Juara 1 POPDA Banten 2024.

“Selain itu, Royan Arya Wicaksana berhasil menjadi Juara 1 O2SN Kecamatan Cikupa 2024, Ahmad Brilian Pratama meraih Juara 1 O2SN Kecamatan Panongan 2024, dan Salman Al Farisi meraih Juara 2 O2SN Kecamatan Balaraja 2024,” ujarnya.

Ia menambahkan, tidak hanya di tingkat daerah, PERSINAS ASAD juga telah melahirkan pesilat yang sukses menembus level nasional bahkan international. Beberapa di antaranya adalah Eka Yulianto, Khoirudin Mustaqim, dan Amri Rusdana. “Prestasi mereka membuktikan bahwa PERSINAS ASAD merupakan wadah yang efektif dalam mencetak pesilat-pesilat handal yang siap bersaing di tingkat nasional dan internasional,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Camat Cikupa Supriyadi, Lurah Bunder Hj. Ine Susilawati, Ketua Pelaksana Abah Nana Supriyatna, serta Kapolsek Cikupa AKP Johan Armando Utan. Jajaran Polsek Cikupa juga turut hadir diantaranya, Kanit IK IPDA Syaiful Rusdiansyah, Kanit Lantas IPDA Udi Muhdi, dan Kapolsubsektor Cikupa Mas IPDA Agus Lili Suryana. (Sulardi)

Tinggalkan Balasan